BAUK

Home/BAUK
BAUK 2017-05-02T11:12:38+00:00

BAGIAN KEPEGAWAIAN ( SDM )

Bagian Kepegawaian bertugas mengelola tenaga akademik dan tenaga non-akademik baik yang berstatus PNS maupun tenaga honorer. Bidang layanan meliputi disiplin & mutasi, kesejahteraan, pengembangan individu, dan pengolahan data & Informasi Sumber Daya Manusia.

BAGIAN KEUANGAN

Bagian Keuangan adalah merupakan satuan unit kerja di bawah koordinasi Biro Administrasi Umum dan Keuangan BAUK yang memiliki tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan serta mengendalikan anggaran. Dengan adanya reformasi Pengelolaan Keuangan Negara, mewarnai perubahan mendasar pada Bagian Keuangan BAUK UNRAM yaitu telah diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Keuangan RI tentang Penetapan Universitas Mataram sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Dengan Pengelolaan Keuangan BLU, Unram dapat secara langsung menggunakan dana PNBP tanpa harus menyetorkan ke rekening Kas Negara, dengan pola ini dapat mempercepat layanan kepada fakultas/ lembaga dan UPT.

BAGIAN UMUM, HUKUM , TATALAKSANA dan PERLENGKAPAN
Merupakan salah satu bagian di BAUK yang mempunyai fungsi melayani stakeholder dalam hal ketatausahaan, hukum & ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, dan perlengkapan serta layanan administrasi pengadaan Dalam layanan Administrasi pengadaan telah melalui proses berbasis IT yaitu melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Inovasi juga dilakukan pada bidang Hukum dan Ketatalaksanaan. Sesuai tugas pokok dan fungsinya, BAUK melaksanakan tugas penyusunan saran atau produk hukum yang diperlukan oleh UNRAM, termasuk yang berkaitan dengan tata kehidupan kampus. Pada sisi lain, telah pula dilaksanakan aktivitas layanan konsultasi hukum. Layanan konsultasi/hukum ini dimaksudkan untuk membantu sivitas akademika UNRAM yang sedang menghadapi permasalahan hukum.
Produk-produk hukum yang dihasilkan BAUK antara lain berkaitan dengan bidang kemahasiswaan, ketentuan atau peraturan rumah dinas di lingkungan UNRAM, serta ketentuan atau peraturan lain yang berhubungan denan tata kehidupan kampus. Saat ini sedang disusun rancangan hukum tata tetib senat UNRAM yang sebelumnya tidak ada. Aturan tersebut dibuat karena selama ini tidak semua anggota senat menghadiri rapat penting dan bertindak aktif sehingga perlu dibuat aturan-aturan khususnya.
Hal penting yang akan dilaksanakan oleh BAUK kedepan adalah perancangan system monitoring utilitas terpusat. Dengan system tersebut, diharapkan penggunaan air, listrik, dan telepon di kampus UNRAM dapat termonitor secara komprehensif. System monitoring power atau listrik. Kendala yang dihadapi adalah belum semua unit melakukan pemisahan meter baik air maupun listrik.

Bidang lain yang mendapat perhatian khusus adalah pengembangan kearsipan. Selama ini, penanganan kearsipan dilaksanakan oleh Sub Bagian Tata Usaha BAUK. Sesuai ketentuan Kemendiknas, penanganan arsip akan dikembangkan dengan membentuk unit kerja mandiri atau membentuk “University Archive” (Arsip Universitas).
UNRAM EMAS —–pages of BAUK——–