Lembaga Pengabdian Masyarakat

Home/Lembaga Pengabdian Masyarakat
Lembaga Pengabdian Masyarakat 2017-05-02T11:45:00+00:00

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram merupakan salah satu penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Mataram yang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk menerapkan IPTEKS hasil pendidikan dan penelitian, didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram nomor: 942/PT21.H/H.01.07/1994 Tanggal, 29 Januari 1994 dengan mengacu kepada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0108/0/1993 tanggal, 27 Pebruari 1993 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Mataram dan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor : 0181/0/1995 tanggal, 19 Juli 1995 serta Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999.

Lembaga ini mengemban visi sebagai berikut yaitu Perwujudan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Mataram yang unggul, melalui pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) yang profesional sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Misi Lembaga Pengabdian Masyarakat Unram adalah :
1. Mengembangkan IPTEKS yang secara langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
2. Menerapkan produk IPTEKS yang sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat.
3. Menyebarluaskan produk IPTEKS kepada masyarakat
4. Memberikan bantuan keahlian dengan menggunakan pendekatan ilmiah.
5. Memberikan jasa pelayanan profesional kependidikan dan non kependidikan yang
sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
6. Meningkatkan kualitas operasional kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

TUJUAN
1. Menata dan mengembangkan kelembagaan dan pola kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat agar mampu melaksanakan kegiatan pengabdian yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan nasional.
2. Mengusahakan sarana, prasarana dan pembiayaan secara efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.
3. Mengembangkan kemampuan dosen dan mahaasiswa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan Pengabdian Kepada Mastarakat.

SASARAN
1. Terciptanya Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat yang propesional dan mampu melaksanakan kegiatan pengabdian yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan.
2. Tersedianya sarana, prasarana dan pembiayaan Pengabdian Masyarakat yang memadai sesuai kebutuhan masyarakat sasaran.
3. Meningkatnya minat dan kemampuan dosen serta mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibiayai berbagai sumber.

BENTUK KERJASAMA
1. LPM sebagai penyelenggara pengabdian sedangkan biaya bersumber dari pihak luar antara lain :- Instansi pemerintah baik daerah maupun pusat ; – Sektor swasta dan ; – Kelompok usaha masyarakat lainnya
2. LPM sebagai PIHAK PELINDUNG dan PENANGGUNG JAWAB terhadap Tim pelaksana kegiatan pengabdian dengan PIHAK KEDUA.Community Service Institute (LPM)
Unram Community Service Institute (LPM) is one of the three dutie (tei Dharma) organizers conducting public service to implement the results of science and technology education and research. It was officially established on January 29, 1994 based on the Unram Rector Decree No.: 942/PT21.H/H.01.07, with reference of the Decree of the Ministry of Education and Culture No.: 0108/0/1993 February 27, 1993 under the Unram Organization and Administration and the Education Minister of the Republic of Indonesia Decree No. 0181/0/1995 on July 19, 1995 and Government Regulation No. 60 year 1999.
The vision is to achieve the embodiment of Community Services in Tri Dharma through the applied science and science and technology (IPTEK) based on the demands and the needs of the community. The mission are as follows:
1.    Developing science and technology based community needs.
2.    Applying science and technology products to respond the public need.
3.    Disseminating science and technology products to the publics.
4.    Providing the expertise to use a scientific approach.
5.    Providing professional services and non-educational education based community demands and needs.
6.     Improving the quality of the operational activities of Community Services.
PURPOSE
1.    Organizing and developing the institutional and Community Services activity patterns in order to be able to carry out service that are beneficial to the advancement of society and national development.
2.    Managing the facilities and financing the community service effectively and efficiently.
3.    Developing student and lecturer’s skills in planning, implementing and evaluating the activities of Community Services.

TARGET
1.    Becoming a professional Community Service Institute (LPM) and being able to carry out the services to social progression and development.
2.    Providing the the facilities and adequate funding based on the community needs.
3.    Improving lecturer and the student’s interest and ability in planning, implementing and evaluating activities of Community Services funded from a variety of sources.
RESOURCES
Unram LPM is supported by existing resources in all faculties with the total number of teaching staff: 909 people, holding educational qualifications as follows: 204 of whom hold S1, 623 of whom hold S2, and 126 of whom hold S3 and the rest 29 hold Professor.
COOPERATION
1.    LPM is a service provider while the cost comes from outside parties such as:
–    Government Agencies both local and central
–    The private sector and
–    The Business Community
2.    LPM plays as a charger of the implementing the team activities of Public Service at the SECOND PARTY.